oleh Admin

Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan 10 November ke-72 Tahun 2017 Perkokoh Persatuan Membangun Negeri

2017-11-13 13:08:47   |   Kategori umum  |   Dibaca 499 kali

Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara bendera Peringatan Hari Pahlawan 10 November ke-72 Tahun 2017 di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Mojokerto,  mengatakan bahwa semangat kebangsaan yang dikenang di Hari Pahlawan yakni berupa nasionalime berlandaskan kemanusiaan universal. 

            “Semangat kebangsaan yang kita kenang di Hari Pahlawan yakni nasionalisme berlandaskan kemanusiaan universal. Nasionalisme hidup subur dalam taman sarinya internasionalime. Pun begitu dengan internasionalime yang berakar dari buminya nasionalime. Dalam kehidupan berbangsa, kita adalah bagian keluarga besar umat manusia,” Jumat (10/11).

            Peringatan Hari Pahlawan tahun 2017 yang mengangkat tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri” bupati yang membacakan sambutan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa, menambahkan jika kini harapan masa depan Indonesia kini lebih baik dengan ditambatkan Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan H.M. Jusuf Kalla yang menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia.

            “Semangat dan harapan masa depan Indonesia lebih baik ke depannya, kini ditambatkan melalui Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan H.M. Jusuf Kalla lewat visi transformatif yang menghimpun seluruh gerak Republik Indonesia yakni ‘Terwujudnya Indonesia berdaulat, mandiri dan berkepribadian gotong royong’ yang dirumuskan dalam sembilan agenda prioritas Nawa Cita,” tambahnya.

            Sembilan agenda prioritas tersebut dikategorikan dalam tiga ranah yakni mental-kultural, material (ekonomi) dan ranah politik. Pada ketiga ranah tersebut, Pemerintah saat ini berusaha melakukan berbagai perubahan secara akseleratif dengan dilandasi Pancasila dan UUD 1945.

            Ketiga ranah di atas dapat dibedakan tapi tidak dapat dipisahkan. Perubahan mental-kultural perlu dukungan politik dan material berupa politik kebudayaan dan ekonomi budaya. Sebaliknya perubahan politik memerlukan dukungan budaya dan material berupa budaya demokrasi dan ekonomi politik.

            Sebagai informasi, bupati didampingi wakilnya Pungkasiadi beserta jajaran Forkopimda dan Organisai Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mojokerto, melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Gajahmada usai upacara bendera usai ( Diskominfo + Bagian Humas dan Protokol ).