oleh Admin

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 Tahun 2017 Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku

2017-11-13 13:09:44   |   Kategori umum  |   Dibaca 642 kali

Membudayakan perilaku hidup bersih mulai dari lingkungan keluarga dengan didukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) menjadi pesan utama Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa, pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017, Minggu (12/11) pagi di Lapangan Desa Bandung, Kecamatan Gedeg.

            “Tema yang kita angkat pada HKN ke-53 ini adalah “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”. Ini sejalan dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga sebagai tempat pertama. Kemudian didukung dengan Germas, kita bekerjasama mewujudkan masyarakat berperilaku hidup sehat  demi membentuk bangsa yang kuat,” ucap bupati di hadapan sekitar 5.000 orang yang hadir.

            Dirinya juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk membiasakan kebiasaan sehat, dengan melakukan aktivitas fisik mnimal 30 menit setiap hari dan konsumsi makanan bergizi seimbang.

            “Mari hidup sehat dengan membiasakan diri untuk melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, konsumsi sayur dan buah tiap hari, cek kesehatan rutin (kontrol tekanan darah, gula darah dan kolestrol), tidak merokok dan ciptakan lingkungan yang bersih,” pesannya.

            Kepala RSUD R.A. Basoeni sekaligus ketua panitia penyelenggara acara, dr. Endang S., sebelumnya lewat laporan sambutannya menjelaskan ragam rangkaian acara Peringatan HKN ke-53 tahun 2017 yang juga dimeriahkan oleh fashion carnival berbahan utama sayur dan buah oleh UPT Puskesmas se-Kabupaten Mojokerto ini.

            “Perlu kami laporkan bahwa ragam kegiatan dalam rangka HKN ke-53 tahun 2017, sudah kita laksanakan bersama. Diantaranya lomba terompah panjang, bola voli plastik, bulutangkis, stand up comedy kesehatan, yel-yel kesehatan untuk anak Sekolah Dasar (SD), lomba senam cuci tangan untuk Taman Kanak-kanak (TK), senam Maumere dan lomba karya tulis ilmiah. Ragam kegiatan bakti sosial yang juga kita lakukan antara lain pemeriksaan kesehatan dan lab secara gratis, pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis dan kegiatan donor darah,” lengkap Endang.

            Hadir mendampingi bupati dalam acara kemarin antara lain Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Ismail Pribadi, unsur Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto, Ikfina Kamal Pasa, Ketua Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Kabupaten Mojokerto, Yayuk Pungkasiadi, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta camat se-Kabupaten Mojokerto, Kepala UPT Puskesmas se-Kabupaten Mojokerto dan masyarakat ( Diskominfo + Bagian Humas dan Protokol ).