oleh DISKOMINFO - INFORMATIKA

Upacara Penutupan TMMD ke-102 Tahun 2018 Jadi Trigger Hidup Guyub Rukun untuk Masyarakat

2018-08-09 07:49:18   |   Kategori umum  |   Dibaca 23 kali

30 hari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Tahun 2018 di Kabupaten Mojokerto, secara resmi ditutup melalui upacara yang dihadiri Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, Rabu (8/8) pagi di lapangan Bleberan Jatirejo. 

Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Polda Jatim, Kombes Pol Soetarjo, selaku inspektur upacara membacakan sambutan Kepala Staf TNI AD, tentang raihan hasil TMMD yang telah dilaksanakan secara lengkap. 

“TMMD dalam skala nasional telah berhasil melalukan rehab lebih dari 200 unit rumah tidak layak huni, pembukaan jalan baru sepanjang 86 km, pengerasan dan betonisasi jalan sepanjang 60 km, perbaikan 30 rumah ibadah, 8 sekolah, pembuatan 43 unit MCK, jembatan dengan total panjang 252 meter, Poskamling dan drainase di lebih dari 30 desa, pemberian kambing pada peternak binaan dan penanaman 3500 batang pohon di lahan konservasi,” urai Irwasda. 

Tidak berhenti pada pembangunan fisik, dilakukan pula pembangunan non fisik dengan bersinergi dengan satgas-satgas yang bersinergi dengan Pemda. Diantaranya melakukan penyuluhan tentang hukum, wawasan kebangsaan, kerukunan umat bergama, bahaya narkoba dan radikalisme. Selain itu memberi asistensi tentang pemeliharaan Kamtibmas, pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan, program Keluarga Berencana serta pertanian dan peternakan. 

Untuk diketahui, beberapa program pembangunan yang dilakukan pada TMMD ke-102 Tahun 2018 di Kabupaten Mojokerto tepatnya di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo, yakni pengerjaan jalan tembus hasil sepanjang 1,7 km. Jalan ini untuk menghubungkan Desa Jembul dan Dusun Blentreng, serta Desa Ngembat Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto.

Irwasda Polda Jatim dalam upacara penutupan ini juga menyelipkan harapan agar semua upaya yang telah dilakukan di atas, mampu memberi kontribusi positif bagi masyarakat ke depannya.

“Semoga upaya ini menjadi trigger atau pemicu untuk masyarakat, untuk menyongsong kehidupan yang lebih berkembang dan hidup guyub rukun,” tambahnya. 

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan hasil TMMD oleh wakil bupati Pungkasiadi bersama Komandan Kodim 0815, Letkol Kav Hermawan Weharima.