Detail Berita

BPKAD Kabupaten Mojokerto Gelar Bimtek Pengelolaan BMD


Sedikitnya 130 peserta yang meliputi Kepala Sub Bagian (Kasubbag) umum dan kepegawaian serta pengurus barang di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pemantapan peran pengurus barang. Dalam kegiatan tersebut, para peserta diharapkan dapat menciptakan tata kelola Barang Milik Daerah (BMD) yang baik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

Bimtek yang diinisiasi oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mojokerto bertempat di Ballroom Raden Wijaya Hotel & Convention, Jalan Raden Wijaya, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto merupakan salah satu upaya Pemkab Mojokerto dalam mengamankan BMD khususnya bagi para pejabat selaku penanggung jawab penatausahaan barang dan pengurus barang di seluruh OPD Kabupaten Mojokerto.

Turut hadir kepala BPKAD Kabupaten Mojokerto Mieke Juli Astutik, Inspektorat Kabupaten Mojokerto serta Kejaksaan Negeri Kabupaten Mojokerto. Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengungkapkan, kegiatan Bimtek ini terkait dengan pemantapan peran pengurus barang dalam rangka pengamanan barang milik daerah.

"Karena secara resmi sudah di SK kan dan diakui diberikan tugas menjadi pengurus barang. Maka kalau terjadi segala sesuatu yang berhubungan dengan barang-barang yang seharusnya menjadi tanggung jawab baik dalam hal pencatatannya, dalam hal penyimpanannya, dalam hal pengelolaannya ini adalah sudah menjadi tugas yang harus panjenengan laksanakan semuanya. Sehingga kalau ada sesuatu, maka akan bisa dimintai pertanggung jawabannya," ucap Ikfina Selasa (27/9) pagi.

Ikfina mengatakan, kegiatan Bimtek ini memang perlu dilakukan, mengingat pemerintah dalam hal ini perlu melakukan pengawasan terhadap semuanya, terutama terkait dengan aset-aset milik negara dan optimalnya pemanfaatan aset tersebut, KPK juga turut menilai kinerja kita dalam pengelolaan aset barang milik negara.

"ini nanti akan bisa menjadi penghematan terhadap harta milik negara jadi tidak hanya sekedar hilang, tapi bagaimana caranya supaya usianya usia kebermanfaatannya ini layak. Jadi kalau memang ini bisa dimanfaatkan sekian tahun ya betul-betul bisa dimanfaatkan seperti kelayakannya, sehingga betul-betul nanti kalau memang barang ini masih ada maka tidak perlu untuk melakukan pembelanjaan lagi, maka disinilah letak dari efisiensi uang milik negara," jelasnya.

Orang nomor satu dilingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto mengharapkan, para pengelola barang tidak hanya sekedar mendapatkan tugas untuk mengelola barang milik negara tetapi bisa menjadi pengelola yang profesional ketika dibutuhkan informasi terkait dengan barang-barang yang menjadi tanggung jawab pengelola barang maka akan bisa memberikan keterangan keterangan secara detail.

"Di Sisi yang lain ketika informasi terkait dengan keberadaan barang-barang tersebut terdokumentasi dengan baik maka ini akan memperkecil peluang hilangnya barang milik negara tersebut atau rusak sebelum waktu rusaknya," bebernya.

Bupati Ikfina juga menilai, terkait dengan pengelolaan barang ini tidak hanya sebatas yang sampaikan tetapi juga menjadi salah satu indikator dalam penilaian kinerja pemerintah terutama dalam mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pemeriksaan keuangan oleh BPK.

"Tentunya saya minta tolong pada panjenengan semuanya untuk betul-betul memahami dan menyadari fungsinya, sehingga semua yang kita harapkan ini nanti bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, Mieke Juli mengatakan, Bimtek ini perlu dilaksanakan karena pengelolaan aset merupakan salah satu unsur penting yang menjadi landasan dalam penyusunan laporan pemerintah daerah. Seperti halnya Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Mojokerto Tahun Anggaran 2021 posisi nilai aset tetap per 31 Desember 2021 kurang lebih sebesar 5,4 Triliun.

"Nilai ini merupakan akumulasi dari nilai aset tanah, peralatan dan mesin, gedung dan bangunan, jalan, irigasi dan jaringan, aset tetap lainnya dan Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP),"  pungkasnya. (Prm;Foto:Shn;Ven/Ar)


 👤DISKOMINFO - INFORMATIKA  🕔Selasa, 27-09-2022 21:38    67    Umum

Video Profil

  • REMBUK DESA

    HARI RABU 10 APRIL 2019, PUKUL 09:00 WIB, TEMPAT DI KECAMATAN NGORO

    🕔 Rabu, 10-04-2019

  • UNDANGAN PERMOHONAN MEMBERIKAN SAMBUTAN DALAM RANGKA KUNJUNGAN PANGDAM V BRAWIJAYA

    HARI JUMAT 5 APRIL 2019, PUKUL 09:00 WIB, TEMPAT DI MAKOREM 082/CPYJ

    🕔 Jumat, 05-04-2019

  • UNDANGAN PENGUKUHAN PENGURUS KWARCAB GERAKAN PRAMUKA KAB. MOJOKERTO

    HARI KAMIS 4 APRIL 2019, PUKUL 08:30 WIB, TEMPAT DI PENDOPO GRAHA MAJA TAMA

    🕔 Kamis, 04-04-2019

  • UNDANGAN ISTIGHOSAH DAN DOA BERSAMA UNTUK BERSAMA (PCNU KAB. MOJOKERTO)

    HARI RABU 3 APRIL 2019, PUKUL 07:00 WIB - SELESAI, TEMPAT DI TERMINAL BARU MOJOSARI

    🕔 Rabu, 03-04-2019

  • REMBUK DESA DI KECAMATAN PURI

    HARI RABU 20 MARET 2019, PUKUL 09:00 WIB, TEMPAT DI KECAMATAN PURI

    🕔 Rabu, 20-03-2019



Government Public Relations